Tuesday, November 16, 2010

Boengkoesnja Jang Jadoel

"Maoe minoem Koffie selamanja enak?
Aromanja dan rasanja tinggal tetep,
kaloe ini koffie soeda di boeka
dari kantongnya harep dipindahken
di stofles atawa di blik jang tertoetoep rapet.
Djangan tinggal di kantong!"

  Koffie Fabriek AROMA BANDOENG, ada yang pernah nyobain nyeduh kopi ini? kalo belum.. kalian layak penasaran, hehe.. aroma kopinya wangiii, pekatnya mantap, rasanya hmm.. *apa ya..?* kayak kopi pada umumnya sih, tapi berasa beda aja ama kopi yang biasa diminum sehari-hari (baca: kapal-api).

Yang menarik dari kopi ini adalah boengkoesnja jang jadoel, bungkusnya dibuat dari kertas roti, lengkap dengan tulisan bahasa Belanda dan ada terjemahannya pake bahasa Indonesia dengan gaya bahasa tempo doeloe. Tulisannya dicetak pakai tinta coklat, kesannya jadi jadul dan klasik.


O iya, ada sedikit cerita tentang kopi ini, berhubung ini kopi dapet dikasih dari Bapaknya temen, jadi sebelum ngasih beliau sempet cerita panjang lebar tentang kopi Aroma ini,  dan katanyaaaa...

* Kopi ini dibuat dari biji-biji kopi yang udah di simpen di karung selama bertahun-tahun untuk mengurangi tingkat keasaman kopi biar gak ngerusak lambung (ramah buat lambung), dan katanya juga.. kenikmatan kopi itu diukur dari tingkat keasamannya..

* Katanya lagi.. Di pabriknya, di Jl. Banceuy No. 51 Bandung ini dijual 2 jenis kopi, Robusta dan Arabica, bedanya? kalo Robusta dari rasa dan aromanya paling kuat, efeknya juga dahsyat.. bikin mata melek. Nah yang Arabica aromanya agak ringan, gak bikin jantung deg-degan dan gak terlalu ngaruh buat yg mau begadang..

* Katanya kopi ini enaknya diseduh pake gula palm, biar gak terlalu manis.. dan emang iya, kemaren pas nyoba rasanya beda aja ama kopi laen..

denger ceritanya jadi penasaran pengen datengin langsung ke pabriknya tapi belum sempet.. konon katanya juga, pabriknya udah ada dari taun 1930an dan bangunannya gak berubah dari jaman dulu.. *pheww.. nambah penasaran, pdhal sering lewat Jl. Banceuy tp gak pernah merhatiin pabriknya*

3 comments:

eko rosandi said...

pikabitaeun kopi na .... mantab dah rasanya, apalagi yang arabica muantab nit ...... hayu atuh urang ngopi heula

udung said...

keren nit.... ngeunah!!!! asal tahu cara seduhnya...

nitnot said...

@Ekoy: enakan robusta tanpa gula.. mantep!

@Om Juls: waah.. cara nyeduhnya emang gimana Om? tell me please..