Monday, September 01, 2008

1st Day of Ramadhan..

Ini bukanlah pertama kalinya saya berpuasa, tapi banyak perbedaan yang saya rasakan saat berpuasa di tahun ini. Puasa di kota orang dengan kesibukan yang menggunung, dan hari pertama puasa yang saya rasakan pun:

* Jam 07.30 jalanan ibu kota sepi, biasanya jam segitu udah macet (apakah saya kepagian pergi ke kantor? atau emang sebagian orang pada libur?) yang jelas jalanan lumayan kosong dan para pedagang-pedagang yang biasanya mangkal dipinggir jalan, sekarang pada tutup semua.. (tutup untuk menghormati orang yang sedang berpuasa, tapi sungguh.. kalaupun mereka masih tetap berjualan, insyaallah saya tidak akan tergiur..)

* Zzzz.. so sleeepy!! Office hour berubah, dari yang biasanya masuk jam 9, sekarang masuk jam 8, daann.. jam 8.30 saya sudah dilanda kantuk akut!! (apakah ini efek dari kebiasaan ngopi di pagi hari..? hmm.. ntah lah..)

* Jam istirahat bingung mau ngapain.. (bengong-bengong doang, browsing juga ngantuk, pengennya sih tidur, tapi dimana..?)

* Mushola mendadak penuh, kemarin-kemarin selesai solat masih bisa selonjoran, sekarang.. solat pun mesti antri.. (why oh why..? mengapa orang-orang mendadak latah beribadah di bulan ini? Kemaren-kemaren kemana aja??)

* Orang-orang kantor pada ngirit ngomong (ntah mereka mengurangi dosa dengan mengimbangi porsi ngerumpi, atau memang menghemat energi untuk ngomong.. yang jelas suasana kantor 'gak banget' deh.. jadi sepi-sepi gimana gituu..)

* Puasa baru satu hari tapi rencana buka puasa bersama udah antri (minggu ini sudah ada 2 schedule buka bersama.. wow, sering makan diluar = pengeluaran extra)

* Menjelang jam pulang kantor, semuanya pada buru-buru pulang duluan.. pengen cepet-cepet nyiapin untuk berbuka puasa (ahh ini mah tiap hari juga biasa kek gini.. gak ada bedanya, dateng telat pulang ingin cepat hahaha..)

* Jam 5 jalanan kembali macet, semua orang ingin berbuka di hari pertama puasa dengan orang-orang terdekat mereka. Begitupun teman-teman di kos-an saya, mendekati bedug magrib kos-an masih sepi, tetangga kos sepertinya ikut serta dalam kesibukan berbuka puasa dengan orang terdekat mereka. Dan saya, setelah bedug adzan sepertinya harus menikmati soundtrack anak kos; "Makan, makan sendiri.. tidurpun sendiri.." by Caca Handika huhuhuhueks..

* Kebiasaan solat tarawih dirumah nampaknya masih melekat pada diri saya. Kemarin malam, salah satu tetangga kos yang notabene nya anak dugem, tumben-tumbenan ngajakin saya solat tarawih di masjid istiqlal.. (bukannya gak mau, tapi dari pada saya gak ikhlas melangkah karena malas, lebih baik saya menolak, dan akhirnya dia pun gak jadi tarawih.. hanya nongkrong depan TV, ntah nonton acara apa..)

Btw, tadi siang iseng pasang status msg di YM gini:
"Mengapa orang-orang mendadak religius di bulan ini? kemanakah kereligiusan mereka 11 bulan yang lalu??"

dan satu orang temanpun langsung mengirim pesan dengan isi:

sandy bartiyas: trus nyindir,.
sandy bartiyas: hahahahha,.
sandy bartiyas: kalo gw kan pengen pake celana juga nit, masa pake baju doank,.
sandy bartiyas: heehehehehehee,.


Mungkin maksudnya kalau puasa doang kurang afdol tanpa dibarengi dengan ibadah lainnya, seperti pakai baju tanpa celana *tapi kemaren-kemaren juga pake baju doang kan San..?* hehehe (kebetulan tadi siang pas solat dzuhur saya bertemu dia di mushola dan bisa dibilang ini adalah pertama kalinya dia menjalankan ibadah di mushola kantor).

Ampun deh San, bukan maksud nyindir.. tapi emang kebanyakan orang latah religius di bulan ini. Latah setahun sekali. Ya.. semoga saja kebiasaan-kebiasaan religiusnya tidak hanya sampai Ramadhan usai.. semoga bisa menjadi kebiasaan yang melekat selamanya. Amien..

Have a great fasting everybody.. :)

6 comments:

utchanovsky said...

Banyak juga artis masuk islam (pake jilbab n solat juga), tapi pas bulan puasa aja.

habis itu balik lagi agamanya

wkwkwk

nitnot said...

hahaha.. iya.. selain itu banyak juga yang bikin album religi dadakan..
semuanya serba musiman.. kayak KTP :)
semoga aja mereka diberi hidayah dan selamanya berbuat seperti di bulan Ramandhan ini..

Andri said...

jadi inget.. bulan ramadhan kali ini malah ancur banget buat me.. kayaknya tahun ni tahun kelabu.. T.T

nitnot said...

wehehe kok bisa? batal smua yak? hehe

Anonymous said...

Uda pengen puasa lagi sekarang nitt,.

nitnot said...

iya.. sebulan lagiiii.. gak kerasa..